Total Tayangan Halaman

Sabtu, 25 Februari 2012

Menteri Kelautan Resmikan Pabrik Pakan Ikan di Karawang

KARAWANG, (PRLM).- Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo meresmikan pabrik pakan ikan dan Unit Pengolahan Ikan (UPI) di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pembangunan pabrik sebagai langkah pemerintah menyangga mata rantai produksi perikanan budidaya.
“Pengembangan pabrik pakan ikan ini merupakan salah satu strategi revitalisasi perikanan budidaya, sehingga dapat menunjang program industrialisasi perikanan berbasis budidaya,” kata Menteri KP di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (25/2/12).
Ia menambahkan, selain pengembangan pabrik pakan, keberadaan pengembangan UPI ditujukan untuk penguatan sentra pengolahan sebagai bagian dari jaringan industri serta peningkatan utilitas dan kapasitas industri pengolahan. Dengan upaya-upaya ini, maka produksi dan produktivitas perikanan budidaya harus meningkat secara ekspansif dan mampu berdaya saing, sehingga dapat mempercepat pencapaian peningkatan produksi dan industrialisasi perikanan untuk mensejahterakan masyarakat kelautan dan perikanan.
“Dengan industrialisasi maka nilai tambah, efisiensi dan skala produksi yang berdaya saing akan meningkat, sehingga implementasi kebijakan industrialisasi dapat menjadi penghela percepatan sistem produksi perikanan nasional yang berorientasi pada tren pasar global dan lokal,“ ujarnya.
Selain meresmikan pemanfaatan pabrik pakan dan UPI, Menteri KP juga memberikan bantuan kepada masyarakat berupa input produksi pengembangan perikanan berkelanjutan untuk ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan.
Tiga pembudidaya ikan menerima langsung bantuan, yakni Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Tangkap kepada 213 Kelompok Usaha Bersama (KUB) senilai Rp2 miliar, Pemberdayaan Usaha Garam (PUGAR) senilai Rp1,36 miliar, Pengembangan Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) senilai Rp830 juta, dan Sertifikat Hak Atas Tanah (SeHAT) Nelayan sebanyak 200 bidang tanah.
Menteri KP berharap upaya pemerintah dalam mengembangkan industri kelautan dan perikanan berbasis budidaya di Karawang, dapat menjadi pilar ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan. "Sekaligus sebagai salah satu roda penggerak perekonomian daerah dan nasional,” katanya. (kominfo/A-88)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar